Alat musik tradisional Indonesia memanglah sudah sangat mendunia. Ada begitu banyak pertunjukan musikal mendunia yang di dalamnya sudah mengikutsertakan alat musik tradisional Indonesia, mulai dari angklung, sampe, sasando, kolintang, dan sebagainya. Di antara begitu banyak alat musik tersebut, salah satu alat musik tradisional Indonesia yang sudah sangat melegenda adalah gamelan.

Gamelan sudah seperti hidup dalam DNA setiap warga negara Indonesia. Gamelan sendiri sebenarnya merujuk kepada gabungan atau kombinasi dari beberapa instrumen musik tradisional seperti gong, saron, demung, dan drum yang dimainkan bersama dalam suatu keteraturan musikal yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian, bunyi yang dihasilkan akan terdengar harmonis dan beriringan.

Gamelan dalam peranannya juga sudah banyak mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Namanya pun sudah cukup dikenal di berbagai kalangan musisi dunia. Di balik itu semua, ada beberapa fakta menarik yang patut Anda ketahui terkait alat musik tradisional yang satu ini. Apa sajakah itu? Mari simak pembahasannya di bawah ini.

gamelan
  1. Merupakan instrumen musik tradisional tertua

Alat musik tradisional memanglah identik dengan rentang waktu yang tua dan lampau. Bagaimana tidak, musik tradisional bagaikan sudah menjadi warisan turun temurun bagi suatu kebudayaan. Tidak terkecuali gamelan yang ternyata hadir sebagai alat musik tradisional tertua di Indonesia.

Faktanya, gamelan sudah hadir bahkan sejak abad ke 8 setelah masehi. Bukti yang mendukung hal ini adalah hadirnya relief gamelan yang ditemukan di ukiran bangunan candi Borobudur dan candi Prambanan. Kita semua tentu tahu bahwa kedua candi tersebut tidaklah berusia muda. Itulah sebabnya, gamelan dikatakan sebagai alat musik tradisional tertua di Indonesia.

  • Hadir di proyek milik NASA

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, gamelan sudah turut mengharumkan nama Indonesia di kancah instrumen musik internasional. Namun, kali ini bukan lagi hadir dalam sebuah konser instrumental atau pementasan dunia, melainkan proyek luar angkasa milik NASA. Hebat, bukan?

Instrumen gamelan hadir dalam proyek Voyager milik NASA di tahun 1977. Menurut sumber dari situs resmi milik NASA, proyek ini dimaksudkan untuk mengumandangkan berbagai macam hal mengenai bumi ke ruang angkasa. Di dalam proyek tersebut, NASA menghadirkan berbagai jenis musik dari begitu banyak kebudayaan di seluruh dunia, dimana gamelan merupakan salah satunya.

  • Menjadi Alat terapi

Fakta menarik lainnya adalah, bunyi gamelan ternyata digunakan sebagai salah satu media terapi. Dilansir dari sumber media Inggris, bunyi gamelan digunakan sebagai performa musikal khusus yang dipercaya cukup ampuh untuk merileksasi tahanan-tahanan. Diharapkan dengan metode terapi bunyi gamelan tersebut, tahanan akan menjadi lebih rileks dan tidak tertekan selama berada di penjara.

gamelan
  • Digunakan Sebagai Sound Effect dalam film The Hobbit

Siapa yang tidak tahu film The Hobbit? Ya, film yang sekuelnya sempat merajai perfilman dunia ini sudah sangat melekat di ingatan pecinta film layar lebar dunia. Namun tahukah Anda bahwa gamelan menjadi instrumen musik tradisional Indonesia yang dipakai untuk memberikan efek suara dalam film tersebut?

Bagi Anda yang penasaran, Anda dapat mencoba melihat kembali sekuel film The Hobbit yang berjudul “The Desolation of Smaug”. Setelah itu, pasang telinga Anda baik-baik saat adegan dimana Bilbo Baggins berjalan di tumpukan harta karun di Lonely Mountain. Suara gamelan akan terdengar pada saat koin-koin emas yang tersimpan di gunung tersebut teracak-acak akibat injakan kaki Bilbo Baggins.

  • Menjadi Sarana Berlatih Mengontrol Emosi

Diperlukan waktu yang cukup lama untuk dapat berlatih menguasai sebuah alat musik. Begitu juga dengan gamelan. Berdasarkan pengakuan dari para pemain instrumen ini, diperlukan penguasaan diri dan emosi yang cukup tinggi untuk dapat memainkan nada yang benar-benar tepat dari instrumen ini. Itulah sebabnya, gamelan menjadi salah satu instrumen yang tepat untuk berlatih menguasai diri. Bagaimana? Sudahkah Anda mengetahui beberapa fakta menarik mengenai gamelan di atas? Setelah mengetahuinya, tentu jadi semakin mencintai alat musik tradisional kita tersebut, bukan? Mari jadi warga negara yang ikut aktif melestarikan budaya musik Indonesia.