Dimanapun Anda berada, musik selalu menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas dan dinikmati. Siapapun orangnya, berapapun usianya, apapun jenis kelaminnya, semua orang tentu mempunyai ketertarikan sendiri dalam hal permusikan. Hal itu tentu saja berlaku di Indonesia, dimana musik menjadi salah satu momok hiburan yang paling disenangi oleh masyarakatnya.

Musik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan setiap hari, karena musik sudah hampir menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Ada begitu banyak musisi dari berbagai belahan dunia yang ikut berkontribusi dalam memajukan dunia musik. Jumlah itu terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu dan berkembannya teknologi yang juga mempengaruhi kualitas permusikan dunia.

Berbicara tentang musik, salah satu hiburan dalam dunia permusikan yang cukup banyak diminati oleh penikmat musik adalah festival musik. Festival musik merupakan suatu event atau acara khusus yang, sesuai namanya, mengusung musik sebagai hiburan utamanya. Festival ini tidak lepas dari orkestra tertentu, penyanyi tersohor, dan grup band papan atas yang memiliki ratusan ribu penggemar.

Antusiasme akan musik pada masyarakat Indonesia mendorong lahirnya berbagai festival musik menarik dan menakjubkan di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari festival musik yang bergenre dangdut hingga jazz, produser musik tanah air mencoba menyajikan event musikal yang akan mengundang para penikmat musik untuk datang dan bersenandung bersama. Berikut beberapa festival musik ternama yang wajib Anda ketahui:

  1. Jakarta International Jazz Festival

Sesuai namanya, Jakarta International Jazz Festival merupakan salah satu event musik internasional ternama yang mengusung musik bergenre jazz sebagai suguhan utamanya. Festival ini berkembang pesat semenjak lahirnya pada tahun 2005. Ada begitu banyak artis mulai dari yang nasional hingga internasional dihadirkan untuk menampilkan performa terbaik mereka dalam genre musik jazz.

Biasanya, Jakarta International Jazz Festival akan diselenggarakan selama tiga hari penuh setiap tahunnya. Dan sesuai namanya, festival ini diadakan di kota Jakarta. Performa yang ditampilkan pun begitu beragam, mulai dari solois instrumental hingga band-band jazz internasional kenamaan yang tampil dengan urutan tertentu selama beberapa hari diadakannya festival ini. Apabila Anda penikmat musik jazz, jangan ragu untuk datang dan menikmati festival ini.

Soundrenaline Festival
  • Soundrenaline Festival

Bali merupakan salah satu kota di Indonesia yang namanya cukup mendunia. Di kota inilah, salah satu festival musik terbesar se-Indonesia, Soundrenaline, diadakan selama beberapa tahun terakhir. Pada mulanya festival ini terkenal bagi penikmat musik bergenre rock. Namun selama beberapa tahun terakhir, penyelenggara acara memutuskan untuk menjadikannya event multi-genre sehingga siapapun bisa datang dan menikmatinya.

Festival ini menjadi salah satu festival tahunan yang sangat direkomendasikan bagi Anda penikmat musik yang sedang berlibur ke Bali. Selain dapat menikmati suasana liburan di pantainya yang indah, Anda juga dapat hadir dan bersenandung bersama di Soundrenaline Festival. Jadi, tunggu apalagi? Rencanakan liburan Anda dan persiapkan tiket Soundrenaline Anda dari sekarang.

We the Fest Festival
  • We the Fest Festival

Tidak ada yang lebih membahagiakan selain sebuah festival musik yang juga menyuguhkan seni, fashion dan makanan di booth dan waktu yang bersamaan. We the Fest Festival merupakan salah satu festival terkeren di Indonesia dimana Anda dapat berkunjung dan bebas mengekspresikan diri Anda baik di bidang musik, seni, fashion, maupun makanan.

Hampir menyerupai Jakarta International Jazz Festival, We the Fest Festival juga menghadirkan begitu banyak penyanyi dan artis papan atas. Perbedaannya adalah, Anda dapat menjumpai beragam tenant makanan, seni lukis, hingga fashion di festival ini. Untuk dapat ikut menikmatinya, Anda dapat mencari informasi lebih lanjut mengenai festival ini dan mempersiapkan alokasi budget untuk memesan tiketnya.

Selain ketiga festival musik yang sudah disebutkan di atas, tentunya masih banyak festival musik lain yang juga diselenggarakan di berbagai daerah di Indonesia. Perbedaan daerah tersebut akan mempengaruhi jenis musik apa yang menjadi hiburan utama di event tersebut. Untuk itu, sangat direkomendasikan bagi Anda penikmat musik untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai festival apa yang menghadirkan genre yang sesuai dengan minat dan selera musik Anda.